Berita  

Bupati Andi Utta Ingatkan Calon Kades tak Kampanye Hitam: Silakan Adu Program

banner 120x600

BULUKUMBA,Kanalmedia_Pemkab Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Deklarasi Damai Siap Menang dan Siap Kalah bagi 115 Calon Kepala Desa di Aula Kantor Bappelitbangda, Rabu, 2 November 2022.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengaku memuji pelaksanaan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tersebut. Ia mengingatkan para calon, untuk tidak melakukan kampanye-kampanye hitam.

“Saya ingatkan, kita semua bersaudara. Jangan sentuh hal-hal lain, selain program. Kita harus sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi. Jangan pernah dendam hanya karena Pilkades. Silakan adu program dan jangan saling ejek,” katanya.

Bupati berlatar pengusaha ini berpandangan bahwasanya jabatan hanyalah titipan dan paling penting harus ditanamkan dalam hati adalah saling support berkontribusi demi kemajuan daerah.

“Saya tidak bangga jadi bupati. Saya bangga jika sudah berbuat untuk Bulukumba. Kalau tidak ada perubahan, saya rugi besar berada di Bulukumba. Saya wakafkan waktu dan pikiran untuk daerah tercinta. Saudaraku, saya titipkan agar kita semua berbuat yang lebih baik. Itu yang harus ditanamkan dalam hati,” pintanya.

Ia mengakui kekompakan orang Bulukumba. Sehingga, ia mengajak agar semua calon kepala desa benar-benar berkomitmen menjunjung nilai-nilai budaya persaudaraan masyarakat Bulukumba.

“Kekeluargaan kita sangat tinggi, tapi politik juga luar biasa. Olehnya mari berpolitik dengan tetap menjaga kekeluargaan,” kata Bupati yang akrab disapa Andi Utta.

Andi Utta juga mengingatkan dengan adanya penandatanganan bersama ini, maka diharapkan agar tak ada riak maupun pemungutan suara atau PSU, serta tak mencoreng esensi Pilkades.

“Kalaupun ada yang keberatan, silakan. Tapi tidak boleh ada riak. Deklarasi dan penandatanganan ini, betul-betul diterapkan di desanya masing-masing. Siap?. Siap!!,” kata Andi Utta, serentak dijawab Siap oleh calon kepala desa.

Sebelumnya, Kadis DPMD Bulukumba Akhmad Januaris, menyampaikan bahwa maksud dari deklarasi itu, agar pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 9 November 2022 mendatang, dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Tujuan deklarasi ini agar Pilkades dapat berjalan dengan aman, damai, kondusif dan demokratis, baik sebelum pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan,” katanya.

Turut hadir dalam Deklarasi Damai Pilkades, Dandim 1411 Letkol Inf Kaharuddin Djamaluddin, Kapolres AKBP Suryono Ridho Murtedjo.(*)